Motto: "Mencerdaskan, Memberkati, Menjangkau"

Minggu, 08 Mei 2011

Kata Pengantar buku Mengenal Agama Hindu, Buddha Khong Hu Cu

KATA PENGANTAR EDISI KEDUA


Mempelajari latar belakang, pengajaran, serta perkembangan dari tiga agama besar duni, yaitu: Agama Hindu, Buddha, dan Khong Hu Cu, sangatlah menarik dan penting sebagai suatu study perbandingan agama. Apalagi ketiga agama besar tersebut di Indonesia telah disahkan menjadi agama resmi oleh negara. Perlu untuk lebih mengenal lebih jauh seperti apa sebenarnya agama-agama tersebut. Sehingga di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman dalam menilai ajaran mereka.
Ada beberapa keuntungan sewaktu kita mempelajari agama-agama di luar Kristen, yaitu: Pertama, untuk mengembangkan sikap tenggang rasa dan menghormati sesama pemeluk agama. Kedua, dapat menjadi jembatan penginjilan. Apabila di kemudian hari berhadapan dengan orang yang berlatar belakang kepercayaan dari ketiga agama ini, maka berita Injil dapat disampaikan melalui cara berpikir dari kepercayaan yang mereka anut.
Dengan berbekal pengetahuan dari berbagai sumber, baik kepustakaan buku-buku dan bahan dari internet, penulis juga mengumpulkan bahan-bahan buku ini melalui study banding dengan mewawancarai para tokoh dari masing-masing agama tersebut. Selain itu diperkaya dengan hasil pemikiran dan diskusi dengan para mahasiswa sewaktu mengampu mata kuliah Teologi Agama-agama: Agama Hindu, Buddha, dan Khong Hu Cu. Dari beberapa sumber inilah penulis memberanikan diri menyusun buku ini sebagai bahan referensi untuk mengenal lebih dekat ketiga agama tersebut.
Akhirnya, harapan penulis kiranya buku sederhana yang masih terdapat kekurangan ini dapat memberikan sumbangsih bagi para hamba Tuhan, dosen, mahasiswa, dan semua kalangan yang hendak mengenal lebih dekat dari ketiga agama besar dunia ini dengan mempelajari agama-agama di luar Kristen (Teologi Religionum/teologi perbandingan agama). Saran dan kritik saudara sangat membantu dalam meningkatkan isi buku ini.



Bandung, April 2011




Penulis
Tony Tedjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar